Dalam memperingati HUT Emas atau 50 Tahun Pramuka, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung menggelar berbagai mulai Sabtu-Minggu (13-14/8). Mulai dari tabur bunga hingga pengucapan janji ulang dan penyerahan penghargaan bagi anggota Pramuka berprestasi.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung Andalan Cabang Urusan Humas melalui Hj. Imas Kurniasih, M.Ag. mengatakan peringatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kegiatan diawali dengan ziarah kubur dan tabur bunga, Sabtu (13/8) pukul 14.00 – 15.00 WIB di dua tempat, yakni makam pahlawan Letjen TNI (Purn.) Kusno Oetomo (mantan Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka) di Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, serta Taman Makam Pahlawan, Jln. Cikutra,” katanya melalui siaran pers kepada “GM”, Minggu (14/8).

Ziarah bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan. Tabur bunga di bawah komando Alek, Sugito, dan Uun Djunaedi ini diikuti 78 peserta yang merupakan para Andalan Kwartir Cabang Kota Bandung sebanyak dan peserta didik dengan pangkalan terdekat dari lokasi makam pahlawan.

Puncak peringatan HUT Pramuka ini berlangsung, Minggu (14/8) pukul 14.05-19.30 WIB. Acara digelar dengan lesehan dan diawali ulang janji dengan koordinat Hatta Saputra pukul 14.05-14.20 WIB. “Dalam acara ini juga 24 anggota mendapat Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD),” terangnya.

Mereka masing-masing 6 penerima lencana melati, 14 untuk lencana darma bakti, 1 lencana wiratama, dan 3 penerima lencana teladan. Dilanjutkan dialog bersama Kolonel (Purn.) Soedirman Ketua LVRI Kota Bandung dan tokoh-tokoh Pramuka Kota Bandung dengan tema “Peran Pramuka Dulu, Kini, dan Akan Datang”.