Ketua Kwarda Jabar Dede Yusuf Effendi bersama Direktur Konsumer PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. I Nyoman G. Wiryanata, hari Jum’at (18/03/2011) meresmikan pembentukan Satuan Karya Telematika Kwarda Jabar di Gedung Kantor Pusat Telkom, Bandung. Melalui pembentukan Saka Telematika tersebut, Gerakan Pramuka nantinya diharapkan mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam berbagai kegiatannya.

Direktur Konsumer Telkom, I Nyoman G. Wiryanata mengatakan, kerjasama Telkom dengan Kwarda Jawa Barat tersebut diharapkan membuka peluang kepada Gerakan Pramuka untuk maju bersama Telkom. Melalui pembentukan Saka telematika diharapkan Gerakan Pramuka di Indonesia kembali bergairah, sesuai dengan kampanye “Bangga Menjadi Pramuka”.

Saka Telematika yang dirintis bersama oleh Kwarda Jawa Barat dan Telkom ini adalah Satuan Karya Telematika pertama di Indonesia. Dijelaskan Nyoman, Telkom sadar bahwa generasi muda adalah harapan bangsa, sehingga dengan adanya pelatihan dan bimbingan Saka Telematika mengenai internet maka peran Telkom sebagai penyedia jasa layanan telematika akan semakin nyata.

Ketua Kwarda Jabar, Dede Yusuf Effendi menyambut baik perhatian Telkom terhadap Gerakan Pramuka tersebut. Potensi Pramuka di Indonesia sangat besar. Secara rasional anggota Gerakan Pramuka berjumlah sekitar 22 juta, sekitar 3,5 juta diantaranya berada di Jawa Barat. Dengan disahkannya UU RI No. 12 Tahun 2010 mengenai Gerakan Pramuka, dan kerjasama dengan Telkom ini tentunya akan dapat menggairahkan kembali Gerakan Pramuka di Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Telkom melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kwarda Jabaruntuk membantu menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan Sumber daya manusia yang terkait dengan telekomunikasi, informasi, media dan informatika di lingkungan Gerakan Pramuka khususnya tentang ke-telematika-an.

Sealain itu, Telkom akan membantu penyediaan sarana infrastruktur telematika berupa penyediaan sara Acces Point di lokasi-lokasi yang disepakati serta portal-portal Pramuka online, serta Telkom dan Kwarda Jabar akan bekerjasama dalam pembentukan dan pengembangan Saka Telematika termasuk pengembangan Team Development Services (TDS) sebagai bagian dari Program Saka Telematika yang dapat menjembatani fungsi-fungsi pemberdayaan potensi Gerakan Pramuka di Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, I Nyoman mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka, khususnya Saka Telematika Kwarda Jabar untuk turut mengkampanyekan Internet sehat dan aman.