Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pejabat terkait memberikan dukungan dan bantuan kepada gerakan pramuka. Bantuan itu termasuk pendanaan gerakan pramuka di wilayah masing-masing.

“Kepada menteri terkait saya instruksikan terus memberikan perhatian revitalisasi gerakan Pramuka. Kepada para Gubernur Bupati, walikota agar terus memberikan dukungannya,” kata Yudhoyono dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 49 di Cibubur, Sabtu 14 Agustus 2010.

Menurutnya adanya revitalisasi Gerakan Pramuka sejak 2006, Gerakan Pramuka telah menunjukkan aktivitas yang lebih nyata dan beragam. “Citra dan kinerja Gerakan Pramuka semakin berkembang dengan baik. Minat kaum muda terhadap Gerakan Pramuka kembali meningkat,” ujarnya.

Dia berharap gerakan pramuka menjadi motor penggerak di abad 21. Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah mendidik dan mengembangkan karakter bangsa.

Dia juga meminta agar metode pramuka semakin tapat dan sesuai dengan perkembangan zaman. Yudhoyono juga meminta agar Pramuka memperkuat organisasi dan manajemen kepramukaan dengan tepat.
Sebelumnya: Peringatan Hari Pramuka Ke-49 di Bandung Digelar Sore