Bandung – Hari Pramuka yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus biasa diperingati seluruh anggota Kwartir Cabang Kota Bandung dengan melakukan upacara. Namun pada HUT Pramuka ke-49 ini bertepatan dengan Ramadan, upacara peringatan pun dipindahkan ke sore hari, Sabtu (14/8/2010).

Pantauan detikbandung suasana Taman Pramuka di Jalan RE Martadinata terlihat sepi. Tidak terlihat ada kegiatan apapun pada taman tersebut. Biasanya di tahun-tahun sebelumnya, suasana Taman Pramuka di Hari Pramuka ramai oleh anak-anak berseragam coklat.

“Tahun ini, acaranya nanti kita lakukan nanti di sore hari, sekitar pukul 16.00 WIB. Kita adakan Upacara Ulang Janji untuk Pramuka Dewasa. Kira-kira acara
peringatan Hari Pramuka ini akan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB,” ujar Sansan Setiawan (18), Unit Protokol Kwartir Cabang (Kwarcab) Bandung, ketika ditemui di Kantor Kwarcab Bandung di Jalan Riau, Sabtu (14/8/2010).

Karena dilakukan sore hari Upacara Ulang Janji hanya akan dilakukan oleh Anggota Dewasa saja. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara yang digelar pagi hari diikuti oleh pramuka dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Rencananya Upacara Ulang Janji tersebut akan diikuti oleh sekitar 300 anggota Pramuka tingkat pembina dari Kota Bandung. Acara tersebut akan dipimpin oleh Ketua Kwartir Cabang Kota Bandung, Edi Siswandi.