Saya masih berkeyakinan bahwa Pramuka bisa diandalkan sebagai wadah kegiatan kreatif dan positif bagi generasi muda. Keyakinan ini penting di saat makin meningkatnya angka kenakalan remaja, peredaran gelap Narkoba, dan melemahnya sikap patriotisme di kalangan generasi muda.

Tentu saja masih banyak kegiatan kreatif, rekreatif, dan positif lain. Tapi selaku Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat, saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mempercayakan pengembangan sikap mental, kecakapan, dan patriotisme anak-anak kepada Gerakan Pramuka.

Penegasan itu saya sampaikan juga saat menutup Sidang Paripurna Dewan Kerja Penegak dan Pandega Jawa Barat di Buper Kiarapayung, Jabar, tanggal 24 Juli 2010. Alhamdulillah…..keyakinan diri insan Pramuka belakangan makin tumbuh.

Kepercayaan masyarakat dan pemerintah terhadap Gerakan Pramuka juga kembali mengemuka. Bahkan, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo secara sungguh-sungguh memberi tempat dan kepercayaan kepada Pramuka Jawa Barat untuk tampil terdepan dalam meminimalisasi kenakalan remaja, kerawanan sosial, dan pengembangan watak serta sikap patriotisme generasi muda.

Wujud konkretnya, Kodam Siliwangi dan Kwarda Jabar tanggal 30 Juli-1 Agustus 2010 akan menggelar Perkemahan Bakti Satuan Karya Wirakartika (Perti Saka Wirakartika) di Kompleks Secaba TNI-Bihbul, Kota Bandung.

Ayo bangkitlah Gerakan Pramuka Indonesia, percayakan pengembangan sikap mental dan jiwa patriotisme generasi muda kepada Gerakan Pramuka!